Sunday 25 September 2016

Tentang Kami

Iconic Media & Communication Specialist adalah sebuah lembaga yang diprakarsai praktisi dan akademisi untuk membantu masyarakat dan institusi dalam memetakan, merencanakan dan mengimplementasikan rencana-rencana strategis dalam bidang media massa dan komunikasi.


Lanskap media massa dewasa ini begitu dinamis dengan perkembangan teknologi yang cepat. Kebijakan publik yang diimplementasikan oleh pemerintah juga semakin transparan. Dibutuhkan strategi khusus untuk dapat memahami peran dan dampak yang muncul terkait hal-hal tersebut. Diharapkan, institusi-institusi media tumbuh kembang secara sehat dengan program yang berkualitas serta mampu berperan nyata dalam mencerdaskan masyarakat.

Demikian pula dengan peran serta masyarakat dalam mengkonsumsi, mengkritisi dan memantau media massa. Masyarakat yang mampu mengerti dan memahami isi pesan media massa sangatlah penting, terutama dalam menghadapi beragam tayangan yang ditawarkan oleh media itu sendiri. Media literasi adalah kunci keterlibatan masyarakat terhadap isi media massa, sehingga terjadi dialog yang aktif antara media massa dan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kualitas tayangan, baik melalui saluran konvensional (radio, televisi, surat kabar) maupun virtual (internet).

Iconic Media & Communication Specialist hadir untuk memberi solusi terhadap permasalahan komunikasi dan tantangan yang dihadapi institusi media massa, komunitas, individu, maupun pihak-pihak yang berkaitan dengan keberadaan media. Iconic Media Specialist juga berperan dalam pemetaan konsumen, survey efek media, manajemen krisis media, pematangan strategi media, dan perencanaan program media.

Iconic Media & Communication Specialist digagas oleh dua ahli yang berkecimpung aktif dalam dunia media dan komunikasi: Maulana Arief dan Irfan Wahyudi. Keduanya bertemu saat menjadi awak media sebuah radio swasta di Surabaya. Maulana Arief dan Irfan Wahyudi mempunyai pengalaman lebih dari satu dekade berkaitan dengan dunia praktis komunikasi terutama di bidang jurnalistik, kepenyiaran, manajemen media, dan melaksanakan survey kualitatif dan kuantitatif terkait efek media, penggunaan media, dan tingkat keterbacaan media. Keduanya juga aktif menjadi pembicara di berbagai forum nasional dan internasional terkait masalah seputar media massa dan perannya di masyarakat.


Maulana Arief adalah ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur periode 2013-2016, anggota KPID Jawa Timur 2010-2013, ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jawa Timur periode 20.. – 20.. serta jurnalis British Broadcasting Corporation (BBC) Indonesian language service. Irfan Wahyudi adalah dosen tetap di jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Airlangga, Surabaya. Mendapatkan gelar master dan doktor (PhD) dari Edith Cowan University, Australia, dengan spesialisasi studi media dan budaya. Sebelumnya, Irfan bekerja sebagai jurnalis di Voice of America (VOA) Indonesian language service.

Para pendiri Iconic Media & Communication Specialist menginginkan iklim media yang sehat dan progresif dalam lanskap masyarakat yang mempunyai tingkat literasi yang tinggi. Hal tersebut bisa dicapai secara maksimal bila institusi media, pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama secara penuh. Iconic Media & Communication Specialist hadir untuk membantu menciptakan situasi ideal ini.


Iconic Media & Communication Specialist berdiri dibawah naungan Pusat Studi Komunikasi dan Literasi Media (PSKLM), sebuah yayasan terdaftar di Depkumham yang bergerak di bidang promosi literasi media di masyarakat dan penelitian di bidang komunikasi. Yayasan ini didirikan oleh akademisi dan praktisi terkemuka di bidang komunikasi dan media di Surabaya, Jawa Timur. Informasi lebih lanjut mengenai Iconic Media & Communication Specialist silakan buka: www.iconicmediaspecialist.co.id

No comments:

Post a Comment